Skip to main content

TERBARU

Rahasia Hidup Sehat Ala Rasulullah [Bagian Pertama]

Rasulullah memiliki pola hidup sehat yang luar biasa sehingga dalam catatan sejarah, seumur hidupnya, Rasulullah hanya pernah sakit dua kali. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya.
Karena pola hidup sehat Rasulullullah yang luar biasa, banyak orang menirunya, seperti aktor laga dunia berkebangsaan Belgia, Jean-Claude Van Damme.
Van Damme seorang aktor yang terkenal karena aksi bela dirinya di setiap film laga. Di usia yang 55 tahun, tubuhnya masih sangat prima. Ini tampak dari setiap gerakan bela diri yang ia bintangi dalam film laganya di saat usianya yang tak muda lagi.
Untuk mencapai kebugaran tubuh, Van Damme ternyata punya cara yang tak terduga. Dalam sebuah isi wawancara, ia mengaku mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad saw. dalam hal pola makan. “Bacalah. Temuan-temuan dari muslim, banyak hal baik (di situ). Nabi Muhammad sangat cerdas,” ungkap Van Dam…

Rahasia Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan

ilustrasi: blogbukupedia

Tak sedikit orang tua yang dengan sengaja memberikan pendidikan pada si kecil sejak usianya masih dini. Tujuannya agar tingkat kecerdasan anak dapat terus berkembang dengan optimal hingga ia dewasa.

Hal itu memang tidak salah. Namun, akan lebih baik jika “nilai-nilai pendidikan” yang menuntun pada kecerdasan diberikan saat si kecil masih berada di dalam kandungan sebab kecerdasan anak dapat diprogram sejak dirinya masih berbentuk janin!

Untuk itu, peran ibu sangat penting dalam membangun dan meningkatkan kecerdasan anak, termasuk saat si kecil masih berada di dalam kandungan. Ini berarti, ibu hamil harus bekerja ekstra jika ingin melahirkan anak yang cerdas dan pintar.

Sehubungan dengan mewujudkan hal tersebut, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan.

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan janin dalam kandungan adalah dengan mengonsumsi aneka makanan sehat setiap saat. Seorang ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat (serealia, bayam, dan lainnya), omega-3 terutama DHA (ikan, kacang, dan telur), dan zat besi (daging merah).

Semua zat gizi tersebut terbukti dapat membantu proses tumbuh kembang tubuh dan otak janin, sehingga dirinya bisa dilahirkan dengan normal dan memiliki kecerdasan yang optimal.

Satu hal yang perlu diperhatikan, ibu hamil perlu mengonsumsi semua menu yang memiliki kandungan zat gizi di atas dengan porsi seimbang. Jangan berlebih, apalagi sampai kurang.
Jika dirasa makanan yang dikonsumsi tidak dapat mencukupi kebutuhan zat gizi setiap hari, suplemen kehamilan yang mengandung vitamin B dan asam folat dapat dijadikan sebagai alternatif. 

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen atau obat jenis lain selama hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Tetap aktif bergerak

Melakukan aktivitas fisik selama hamil dapat membantu proses persalinan nantinya, juga turut mengoptimalkan tumbuh kembang tubuh dan otak janin di dalam kandungan.

Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American College of Sports Medicine. Peneliti menyebutkan bahwa anak yang berasal dari ibu yang melakukan aktivitas fisik selama hamil memiliki kemampuan bicara dan kecerdasan yang lebih tinggi. Hal ini membuat para pakar merekomendasikan para ibu hamil untuk berolahraga secara efektif selama 30 menit setiap hari. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan, misalnya berjalan, yoga, senam, atau lainnya sesuai dengan kondisi kehamilan.

3. Menerapkan gaya hidup sehat setiap saat

Pembentukan otak janin dimulai sejak dini, yaitu pada saat usia gestasi—berkisar antara 3 minggu. Usia gestasi tersebut dihitung mulai dari hari pertama menstruasi terakhir sang ibu.

Atas alasan itu, seorang ibu sangat dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak awal kehamilan. Gaya hidup sehat yang dimaksud meliputi: aktif bergerak, makan sehat dan bergizi seimbang, tidak merokok atau minum alkohol, istirahat cukup, hindari stres, dan melakukan pemeriksaan antenatal secara berkala.

Lakukan tips di atas dengan saksama, agar hasilnya bisa lebih maksimal. Jangan ragu bila ingin mengombinasikannya dengan anjuran yang diberikan oleh dokter kehamilan yang merawat Anda. Dengan demikian, kecerdasan anak bisa terus berkembang sejak berada dalam kandungan, hingga ia dewasa kelak.

Artikel Terkait

Comments

Popular Posts