Skip to main content

TERBARU

Ingin Pindah Homebase ke PTS/PTN Baru? Begini Caranya!

Senin, 18 Maret 2019, saya menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian sebagai dosen di PTS lama tempat saya mengajar selama lebih kurang enam tahun. Sejak saat itu pula saya resmi tidak lagi menjadi bagian dari sivitas akademika kampus tersebut.
Pemberhentian saya sebagai dosen di kampus swasta tertua di Aceh itu bukan tanpa alasan. Saya diberhentikan dengan hormat sebab telah lulus sebagai CPNS di kampus negeri sebagai dosen juga tentunya.
Setelah menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian, saya diarahkan oleh pihak kampus untuk mengambil surat rekomendasi perpindahan homebase di LLDIKTI XIII. Hari itu juga saya menuju ke lembaga yang dulunya dikenal dengan Kopertis 13. Tujuannya, mengurus surat rekomendasi pindah homebase.
Saya berinisiatif untuk mengurus surat rekomendasi segera mengingat lamanya proses pengurusan dan jauhnya PTN tempat saya lulus dengan kampus tempat saya mengajar dulu dan dengan LLDIKTI XIII. PTN tempat saya lulus dengan LLDIKTI XIII di Banda Aceh jar…

Teumuntuk, Tradisi dari Endatu untuk Para Pengantin Baru

Foto: pinterest

Idulfitri atau Iduladha menjadi ajang silaturahmi, bermaaf-maafan sesama muslim.
Bagi anak-anak, perayaan dua kali dalam setahun ini boleh dikatakan sebagai masa banjir rezeki. Betapa tidak, selain mendapatkan makanan berlimpah, mereka juga diberikan uang oleh pemilik rumah yang mereka kunjungi (sanak famili).

Tak hanya anak-anak, para pengantin baru juga bakal kecipratan rezeki bila berkunjung ke rumah karib kerabatnya. Teumuntuk, itulah tradisi dalam Lebaran yang akan dilakukan oleh para pasangan pengantin baru.

Teumuntuk adalah kosakata bahasa Aceh. Dalam dialek bahasa Aceh tertentu kata tersebut disebut teumeutuk, ada juga yang menyebut seuneumah.

Dilihat dari segi pembentukan kata, teumuntuk tergolong kata dasar, bukan kata berimbuhan. Ini karena tidak ada kata muntuk dalam pertuturan jika bentuk teu dipisahkan (tak digunakan).

Sebagian orang sering menerjemahkan teumuntuk dengan 'salam tempel'. Sebenarnya, penerjemahan seperti ini tidak tepat sebab teumuntuk khusus dipakai untuk para pengantin baru. Adapun 'salam tempel' pemakaiannya ditujukan untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. 

Pada teumuntuk, pengantin baru bersilaturahmi ke rumah sanak keluarga dan handai tolan. Saat akan pulang, si pengantin baru diberikan uang. Jumlahnya tergantung pada si pemberi. Tak hanya itu, orang tua si pengantin juga turut memberikan pѐng teumuntuk.

Meski demikian, yang menerima pѐng teumuntuk bukanlah keduanya, melainkan pengantin yang berstatus menantu. Pemberian pѐng teumuntuk ini bersifat vertikal. Artinya, diberikan oleh keluarga dan sanak famili yang usianya lebih tua daripada pengantin. Dengan kata lain, jika keluarga atau kerabat yang dikunjungi usianya lebih muda dari si pengantin, tak ada kewajiban keluarga tersebut memberikan pѐng teumuntuk.

Tradisi teumuntuk tidak berlangsung setiap Lebaran, tetapi hanya saat Lebaran pertama si pengantin baru. Misalnya, bila pengantin baru itu telah melakukan teumuntuk ketika Idulfitri, kepadanya tidak akan diberikan lagi pѐng teumuntuk ketika bersilaturahmi di Iduladha.

Perlu ditegaskan bahwa tidak semua daerah di Aceh ada tradisi ini. Menurut sepengetahuan penulis, salah satu kabupaten yang punya tradisi teumuntuk ketika Lebaran adalah Aceh Barat Daya (Abdya). Di kabupaten ini pun kemungkinan besar tidak semua daerah ada tradisi tersebut.

Sebenarnya teumuntuk bukan hanya ada kala Lebaran. Dalam pesta pernikahan pun tradisi itu juga kerap dilakukan, terutama saat proses peusijuk (tepung tawari). Pelaku teumuntuk dalam pesta perkawinan ini adalah ibu dan bapak pengantin wanita, ibu dan bapak pengantin laki-laki, keluarga pengantin wanita, keluarga pengantin laki-laki, dan perwakilan kerabat atau handai tolan.

Teumuntuk yang dilaksanakan saat peusijuk pengantin bukan tanpa makna.  Menurut sebagian orang tua, teumuntuk berarti perlambang suami istri di dalam menjalankan bahtera hidupnya selalu sama-sama bertanggung jawab di dalam bahtera kemudi rumah tangga.[]

Artikel Terkait

Comments

Popular Posts