Skip to main content

TERBARU

Rahasia Hidup Sehat Ala Rasulullah [Bagian Pertama]

Rasulullah memiliki pola hidup sehat yang luar biasa sehingga dalam catatan sejarah, seumur hidupnya, Rasulullah hanya pernah sakit dua kali. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya.
Karena pola hidup sehat Rasulullullah yang luar biasa, banyak orang menirunya, seperti aktor laga dunia berkebangsaan Belgia, Jean-Claude Van Damme.
Van Damme seorang aktor yang terkenal karena aksi bela dirinya di setiap film laga. Di usia yang 55 tahun, tubuhnya masih sangat prima. Ini tampak dari setiap gerakan bela diri yang ia bintangi dalam film laganya di saat usianya yang tak muda lagi.
Untuk mencapai kebugaran tubuh, Van Damme ternyata punya cara yang tak terduga. Dalam sebuah isi wawancara, ia mengaku mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad saw. dalam hal pola makan. “Bacalah. Temuan-temuan dari muslim, banyak hal baik (di situ). Nabi Muhammad sangat cerdas,” ungkap Van Dam…

Orang-Orang Celaka di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan ini banyak orang berpuasa. Dengan penuh keikhlasan, mereka kuat menahan lapar dan dahaga. Segala larangan dalam bulan yang suci ini pun mereka tinggalkan. Semua dilakukan dengan penuh keikhlasan, berharap Allah benar-benar mengampuni dosa mereka.

Sayangnya, di antara orang-orang yang berpuasa, ada hambanya yang meskipun berpuasa, tetapi termasuk ke dalam orang yang celaka. Dalam sebuah hadis sahih dijelaskan, “Sesungguhnya Nabi mengucapkan amin sebanyak tiga kali tatkala Jibril berdoa. Para Sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah! Engkau telah mengucapkan amin”. Beliau menjawab, “Jibril telah mendatangiku, kemudian ia berkata: “Celakalah orang yang menjumpai Ramadan lalu tidak diampuni”.

Maka aku menjawab: “Amîn”. Ketika aku menaiki tangga mimbar kedua, ia berkata: “Celakalah orang yang disebutkan namamu di hadapannya, lalu tidak mengucapkan salawat kepadamu”. Maka aku menjawab: “Amîn”. Ketika aku menaiki anak tangga mimbar ketiga, ia berkata: “Celakalah orang yang kedua orang tuanya mencapai usia tua berada di sisinya, lalu mereka tidak memasukkannya ke dalam surga”. Maka aku jawab: “Amin”.

Inilah jenis orang celaka di bulan Ramadan. Ia berpuasa pontangpanting menahan lapar dan dahaga, tetapi celaka sebab Allah tidak mengampuni dosanya. Celaka pula orang yang berpuasa ketika ia mendengar nama Rasulullulah, tetapi tidak bersalawat kepadanya. Celaka juga orang berpuasa yang kedua orang tuanya mencapai usia tua berada di sisinya, lalu mereka tidak memasukkannya ke dalam surga.

Maka, mari perbaiki terus perbaiki diri kita di bulan Ramadan yang tersisa beberapa hari lagi ini agar tidak menjadi orang yang celaka. Manfaat sebaik mungkin sisa-sisa Ramadan ini dengan memohon ampun kepada Allah swt. Semoga setelah Ramadan berlalu, kita menjadi orang yang sesuai dengan harapan Allah, yaitu “mudah-mudahan engkau menjadi orang yang bertakwa.”[]



Artikel Terkait

Comments

Popular Posts