Skip to main content

TERBARU

Ingin Pindah Homebase ke PTS/PTN Baru? Begini Caranya!

Senin, 18 Maret 2019, saya menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian sebagai dosen di PTS lama tempat saya mengajar selama lebih kurang enam tahun. Sejak saat itu pula saya resmi tidak lagi menjadi bagian dari sivitas akademika kampus tersebut.
Pemberhentian saya sebagai dosen di kampus swasta tertua di Aceh itu bukan tanpa alasan. Saya diberhentikan dengan hormat sebab telah lulus sebagai CPNS di kampus negeri sebagai dosen juga tentunya.
Setelah menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian, saya diarahkan oleh pihak kampus untuk mengambil surat rekomendasi perpindahan homebase di LLDIKTI XIII. Hari itu juga saya menuju ke lembaga yang dulunya dikenal dengan Kopertis 13. Tujuannya, mengurus surat rekomendasi pindah homebase.
Saya berinisiatif untuk mengurus surat rekomendasi segera mengingat lamanya proses pengurusan dan jauhnya PTN tempat saya lulus dengan kampus tempat saya mengajar dulu dan dengan LLDIKTI XIII. PTN tempat saya lulus dengan LLDIKTI XIII di Banda Aceh jar…

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi setelah Lebaran

foto:hellosehat.com
Lebaran telah usai. Selama hari yang fitri itu kita berkunjung ke sanak keluarga, memohon maaf. Di setiap rumah yang kita kunjungi, pemiliknya tentu menawarkan berbagai makanan khas Lebaran, seperti lontong, opor, rendang, ketupat, kastengel, putri salju, dan kue lapis.

Karena penasaran dengan citarasanya sebab sebagian dari makanan itu tidak ada di hari lain, mencicipinya adalah solusi terbaik. Maka, mulailah kita menyantap selahap-lahapnya karena rasanya yang begitu lezat. Sampai-sampai kita lupa, makanan-makanan itu adalah makanan berlemak yang memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh.

Setelah Lebaran, kita kembali ke rutinitas semula, termasuk dalam hal menyantap makanan. Setelah hari raya selesai, ubahlah kebiasaan makan Anda dan kembali sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Nasi merah

Ketupat, nasi putih, dan lontong merupakan menu karbohidrat wajib yang terhidang saat Lebaran. Meski rasanya gurih, ketahuilah bahwa 100 gram ketupat mengandung setidaknya 160 kalori, 2,42 gram lemak, serta 30 gram karbohidrat.

Setelah Lebaran usai, sebaiknya ganti menu karbohidrat Anda dengan nasi merah atau roti gandum karena lebih tinggi serat dan mengandung kalori serta indeks glikemik lebih rendah. Dibandingkan ketupat, dalam 100 gram nasi merah terkandung 110 kalori, 0,89 gram lemak, dan 22 gram karbohidrat.

2. Buah-buahan

foto:uzone.id
Lidah Anda sedang ingin mencicipi makanan yang manis? Ketimbang mengudap satu stoples kue sagu keju atau kastengel, pilihlah buah-buahan yang manis sebagai gantinya. Berbagai pilihan buah seperti semangka, jeruk, pepaya, alpukat, atau apel bisa menjadi pilihan Anda.

Buah-buahan yang tinggi serat akan membuat kenyang lebih lama dan menghindarkan Anda dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori, lemak, dan gula seperti kue-kue atau makanan pencuci mulut lainnya.

3. Salad

foto: delish.com
Selain hidangan khas hari raya seperti ketupat, opor, atau rendang, Anda pun bisa menambahkan salad sayur atau buah yang memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat. Jika tidak suka salad, Anda bisa memilih menu “salad” yang lebih Indonesia seperti gado-gado.

Namun saat mengonsumsinya, perhatikan juga tambahan saus yang Anda gunakan. Gunakan saus kacang atau saus salad secukupnya agar kalori yang masuk ke tubuh Anda tidak berlebihan. Anda pun bisa mengganti menu saus dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

4. Air putih

foto: vebma.com
Anda tentu sudah tahu, cukup minum air putih delapan gelas setiap harinya baik untuk tubuh. Air putih, selain murah dan mudah didapat, merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi sebanyak apa pun tidak akan menambah ekstra kalori untuk tubuh Anda.

Ketimbang minum kopi susu atau es sirop yang dapat menyebabkan timbunan lemak di tubuh, pilihlah air putih yang pastinya lebih sehat. Jika Anda kurang suka dengan rasa air putih yang hambar, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan potongan buah seperti stroberi, lemon atau buah kesukaan Anda lainnya.

+++

Ingatlah bahwa usai Lebaran, berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi seperti kenaikan berat badan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Anda dapat memperoleh kesehatan dan kebugaran tubuh kembali dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas. Tentu saja, selain pola makan bergizi, olahraga teratur juga penting dan tak boleh dilupakan. Lakukanlah paling tidak selama 30 menit setiap harinya.[]


Artikel Terkait

Comments

Popular Posts