Skip to main content

TERBARU

Ingin Pindah Homebase ke PTS/PTN Baru? Begini Caranya!

Senin, 18 Maret 2019, saya menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian sebagai dosen di PTS lama tempat saya mengajar selama lebih kurang enam tahun. Sejak saat itu pula saya resmi tidak lagi menjadi bagian dari sivitas akademika kampus tersebut.
Pemberhentian saya sebagai dosen di kampus swasta tertua di Aceh itu bukan tanpa alasan. Saya diberhentikan dengan hormat sebab telah lulus sebagai CPNS di kampus negeri sebagai dosen juga tentunya.
Setelah menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian, saya diarahkan oleh pihak kampus untuk mengambil surat rekomendasi perpindahan homebase di LLDIKTI XIII. Hari itu juga saya menuju ke lembaga yang dulunya dikenal dengan Kopertis 13. Tujuannya, mengurus surat rekomendasi pindah homebase.
Saya berinisiatif untuk mengurus surat rekomendasi segera mengingat lamanya proses pengurusan dan jauhnya PTN tempat saya lulus dengan kampus tempat saya mengajar dulu dan dengan LLDIKTI XIII. PTN tempat saya lulus dengan LLDIKTI XIII di Banda Aceh jar…

Mengenal Populasi Penelitian dan Jenisnya


Ilustrasi @analisis-statistika.blogspot.com
Salah satu bagian yang turut disertakan dalam metodologi penelitian adalah populasi dan sampel. Hampir setiap penelitian kualitatif menyertakan populasi dan sampel. Meski sangat sering digunakan, sayangnya, banyak mahasiswa yang menulis skripsi belum begitu mengenal konsep populasi dan sampel ini.

Populasi merupakan keseluruhan subjek ataupun totalitas subjek penelitian, baik itu berupa orang, benda, maupun suatu hal yang di dalamnya bisa diperoleh data informasi dalam penelitian (Sugiyono, 2009:12). Bila kita meneliti siswa di suatu sekolah, seluruh siswa di sekolah tersebut adalah populasi. Jadi, bukan sebagian siswa itu yang disebut populasi. 

Dalam penelitian, populasi berguna untuk memudahkan kita menentukan jumlah sampel yang diambil dari populasi dan membatasi berlakunya daerah generalisasi. Populasi haruslah disebutkan secara tersurat.

Populasi banyak jenisnya. Usman dan Akbar (2011:181) menyebutkan, populasi dapat diklasifikasikan berdasarkan banyaknya anggota populasi dan berdasarkan sifatnya. 

Berdasarkan banyaknya anggota populasi, populasi terdiri dari populasi terbatas (terhingga) dan (2) populasi tak terbatas (tak terhingga). Ditinjau dari sudut sifatnya, populasi dapat bersifat homogen dan heterogen.

Penelitian yang menggunakan seluruh anggota populasi disebut sampel total (sensus). Penggunaan ini berlaku jika anggota populasi relatif kecil. Namun, jika anggota populasi besar, diperlukan mengambil sebagian anggota populasi untuk dijadikan sampel. Penentuan sampel tidak dilakukan sesuka hati, tetapi harus menggunakan teknik tertentu yang disebut teknik sampling.[]

Sumber:
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Artikel Terkait

Comments

Popular Posts