Skip to main content

TERBARU

Anda Penderita Mag? Ayo Ngopi!

Ngopi itu menyenangkan bagi sebagian orang. Sehari saja tanpa ngopi rutinitas apa pun dan sepadat apa pun terasa belum lengkap. Kopi terasa makin lezat manakala ditemani sahabat-sahabat terdekat. Apalagi ngopi sambil ditemani kue basah, semakin bertubi-tubilah kenikmatan itu.

Namun, kenikmatan seperti itu tidak dapat dinikmati oleh penderita mag sebab ngopi membuat magnya kambuh akibat komponen kafein pada kopi. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa kafein pada kopi memiliki potensi untuk meningkatkan produksi asam lambung.

Namun, jangan cepat berkecil hati. Mari ngopi, nikmatilah kelezatannya. Namun, sebelum itu, sebaiknya baca dulu beberapa catatan berikut ini yang saya kutip dari klikdokter.com.


1. Batasi Jumlahnya
Penderita mag masih bisa menikmati kopi, tetapi batasi jumlahnya. Kalau biasanya sehari sampai 3 gelas, kurangi. Lantas, apa yang dimaksud dengan kurangi? Dikutip dari klikdokter.com, para pakar dari Michigan State University menganjurkan untuk mengurangi jumlah asupan kopi …

Mengenal Populasi Penelitian dan Jenisnya


Ilustrasi @analisis-statistika.blogspot.com
Salah satu bagian yang turut disertakan dalam metodologi penelitian adalah populasi dan sampel. Hampir setiap penelitian kualitatif menyertakan populasi dan sampel. Meski sangat sering digunakan, sayangnya, banyak mahasiswa yang menulis skripsi belum begitu mengenal konsep populasi dan sampel ini.

Populasi merupakan keseluruhan subjek ataupun totalitas subjek penelitian, baik itu berupa orang, benda, maupun suatu hal yang di dalamnya bisa diperoleh data informasi dalam penelitian (Sugiyono, 2009:12). Bila kita meneliti siswa di suatu sekolah, seluruh siswa di sekolah tersebut adalah populasi. Jadi, bukan sebagian siswa itu yang disebut populasi. 

Dalam penelitian, populasi berguna untuk memudahkan kita menentukan jumlah sampel yang diambil dari populasi dan membatasi berlakunya daerah generalisasi. Populasi haruslah disebutkan secara tersurat.

Populasi banyak jenisnya. Usman dan Akbar (2011:181) menyebutkan, populasi dapat diklasifikasikan berdasarkan banyaknya anggota populasi dan berdasarkan sifatnya. 

Berdasarkan banyaknya anggota populasi, populasi terdiri dari populasi terbatas (terhingga) dan (2) populasi tak terbatas (tak terhingga). Ditinjau dari sudut sifatnya, populasi dapat bersifat homogen dan heterogen.

Penelitian yang menggunakan seluruh anggota populasi disebut sampel total (sensus). Penggunaan ini berlaku jika anggota populasi relatif kecil. Namun, jika anggota populasi besar, diperlukan mengambil sebagian anggota populasi untuk dijadikan sampel. Penentuan sampel tidak dilakukan sesuka hati, tetapi harus menggunakan teknik tertentu yang disebut teknik sampling.[]

Sumber:
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Artikel Terkait

Comments

Popular Posts