Skip to main content

TERBARU

Rahasia Hidup Sehat Ala Rasulullah [Bagian Pertama]

Rasulullah memiliki pola hidup sehat yang luar biasa sehingga dalam catatan sejarah, seumur hidupnya, Rasulullah hanya pernah sakit dua kali. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya.
Karena pola hidup sehat Rasulullullah yang luar biasa, banyak orang menirunya, seperti aktor laga dunia berkebangsaan Belgia, Jean-Claude Van Damme.
Van Damme seorang aktor yang terkenal karena aksi bela dirinya di setiap film laga. Di usia yang 55 tahun, tubuhnya masih sangat prima. Ini tampak dari setiap gerakan bela diri yang ia bintangi dalam film laganya di saat usianya yang tak muda lagi.
Untuk mencapai kebugaran tubuh, Van Damme ternyata punya cara yang tak terduga. Dalam sebuah isi wawancara, ia mengaku mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad saw. dalam hal pola makan. “Bacalah. Temuan-temuan dari muslim, banyak hal baik (di situ). Nabi Muhammad sangat cerdas,” ungkap Van Dam…

Mengenal Populasi Penelitian dan Jenisnya


Ilustrasi @analisis-statistika.blogspot.com
Salah satu bagian yang turut disertakan dalam metodologi penelitian adalah populasi dan sampel. Hampir setiap penelitian kualitatif menyertakan populasi dan sampel. Meski sangat sering digunakan, sayangnya, banyak mahasiswa yang menulis skripsi belum begitu mengenal konsep populasi dan sampel ini.

Populasi merupakan keseluruhan subjek ataupun totalitas subjek penelitian, baik itu berupa orang, benda, maupun suatu hal yang di dalamnya bisa diperoleh data informasi dalam penelitian (Sugiyono, 2009:12). Bila kita meneliti siswa di suatu sekolah, seluruh siswa di sekolah tersebut adalah populasi. Jadi, bukan sebagian siswa itu yang disebut populasi. 

Dalam penelitian, populasi berguna untuk memudahkan kita menentukan jumlah sampel yang diambil dari populasi dan membatasi berlakunya daerah generalisasi. Populasi haruslah disebutkan secara tersurat.

Populasi banyak jenisnya. Usman dan Akbar (2011:181) menyebutkan, populasi dapat diklasifikasikan berdasarkan banyaknya anggota populasi dan berdasarkan sifatnya. 

Berdasarkan banyaknya anggota populasi, populasi terdiri dari populasi terbatas (terhingga) dan (2) populasi tak terbatas (tak terhingga). Ditinjau dari sudut sifatnya, populasi dapat bersifat homogen dan heterogen.

Penelitian yang menggunakan seluruh anggota populasi disebut sampel total (sensus). Penggunaan ini berlaku jika anggota populasi relatif kecil. Namun, jika anggota populasi besar, diperlukan mengambil sebagian anggota populasi untuk dijadikan sampel. Penentuan sampel tidak dilakukan sesuka hati, tetapi harus menggunakan teknik tertentu yang disebut teknik sampling.[]

Sumber:
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Artikel Terkait

Comments

Popular Posts