Skip to main content

TERBARU

Ingin Pindah Homebase ke PTS/PTN Baru? Begini Caranya!

Senin, 18 Maret 2019, saya menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian sebagai dosen di PTS lama tempat saya mengajar selama lebih kurang enam tahun. Sejak saat itu pula saya resmi tidak lagi menjadi bagian dari sivitas akademika kampus tersebut.
Pemberhentian saya sebagai dosen di kampus swasta tertua di Aceh itu bukan tanpa alasan. Saya diberhentikan dengan hormat sebab telah lulus sebagai CPNS di kampus negeri sebagai dosen juga tentunya.
Setelah menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian, saya diarahkan oleh pihak kampus untuk mengambil surat rekomendasi perpindahan homebase di LLDIKTI XIII. Hari itu juga saya menuju ke lembaga yang dulunya dikenal dengan Kopertis 13. Tujuannya, mengurus surat rekomendasi pindah homebase.
Saya berinisiatif untuk mengurus surat rekomendasi segera mengingat lamanya proses pengurusan dan jauhnya PTN tempat saya lulus dengan kampus tempat saya mengajar dulu dan dengan LLDIKTI XIII. PTN tempat saya lulus dengan LLDIKTI XIII di Banda Aceh jar…

Inilah Fakta Sebenarnya tentang Video Dance yang Menyerupai Gerakan Salat


Ilustrasi @rumahkitab.com
Belum lama ini warganet di Aceh digegerkan oleh video seorang remaja yang oleh sebagian orang menyebutnya sebagai dance menyerupai gerakan salat yang diiringi musik pada ajang Pekan Ekonomi Kreatif Banda Aceh. Video ini kemudian menjadi viral.

Tanpa mencari tahu lebih dulu kebenarannya, sebagian warganet melontarkan sumpah serapah, makian, cacian, dan hinaan kepada si remaja.

Beberapa hari kemudian, di Instagram muncul klarifikasi terhadap video tersebut dari pihak terkait, yaitu sekolah SLB Bukesra. Berikut ini klarifikasi tersebut yang saya kutip dari Instagram bandaacehgemilang.

Tidak ada niat dari dirinya untuk melecehkan gerakan shalat. Karena yang dia peragakan dalam bentuk seni pantomim adalah kegiatan sehari-harinya di sekolah.
Mulai dari bangun tidur, mandi, wudhu, shalat subuh, sekolah, dan lainnya.
Hanya itu yang bisa dia lakukan untuk berkreasi dengan segala keterbatasannya.
Jangan bully kaum Disabilitas. Bagaimanapun juga mereka adalah saudara-saudara yang harus kita sayangi. Mereka tidak sebaik nasib kita yang dianugerahi tubuh yang begitu sempurna.
Kepala sekolah dan guru Sekolah Luar Biasa mengaku anak ini menjadi depresi dan tertekan karena hujatan dari orang-orang yang membully tanpa mengetahui fakta sebenarnya.
Semoga orang-orang yang telah memfitnah anak Tuna Rungu ini mendapat ampunan dosa dari Allah SWT. Amien”.


Berdasarkan klarifikasi itu, ada beberapa fakta yang kita temukan:

Pertama, remaja dalam video tersebut adalah penyandang disabilitas.

Kedua, gerakannya dalam video itu, yang diklaim sebagian orang sebagai pelecehan terhadap gerakan salat, sebenarnya bukanlah gerakan salat, melainkan bentuk seni pantomim kegiatan sehari-hari si remaja di sekolah. Pantomim. Bentuk seni pantomim ini adalah cara remaja tersebut mengungkapkan kegiatannya sehari-hari, mulai dari bangun tidur, mandi, wudu, salat subuh, sekolah, dan lainnya. Hanya itu yang bisa dilakukan si remaja untuk berkreasi dengan segala keterbatasannya.

Ketiga, video yang telah beredar itu sebenarnya telah dipotong. Video itu bukan video versi lengkapnya sehingga terkesan si remaja melakukan pelecehan terhadap gerakan salat sebab kebetulan mirip dengan gerakan salat. Padahal, itu adalah cara penyandang disabilitas mengungkapkan kegiatan sehari-seharinya di sekolah.

Itulah sejumlah fakta yang harus kita ketahui bersama mengenai video yang viral tersebut. Kejadian itu mengajarkan kepada kita bahwa jangan menerima mentah-mentah informasi yang kita dapatkan. Cari tahu dulu kesahihannya.

Tidak terbayangkan dampak negatif yang kita hasilkan akibat menerima suatu informasi secara mentah tanpa mengecek dulu kesahihannya. Berkaitan dengan remaja tadi, misalnya, menurut pengakuan pihak sekolah, akibat kita merisak (mem-bully) si remaja tersebut, ia depresi dan tertekan.
Mari berbagi informasi positif. Bijaklah dalam bermedia sosial. Jangan latah menerima suatu informasi mentah-mentah, lalu membagikannya ke orang lain sebelum kita mengecek kesahihan informasi itu.[]
Artikel Terkait

Comments

Popular Posts