Skip to main content

TERBARU

Ingin Pindah Homebase ke PTS/PTN Baru? Begini Caranya!

Senin, 18 Maret 2019, saya menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian sebagai dosen di PTS lama tempat saya mengajar selama lebih kurang enam tahun. Sejak saat itu pula saya resmi tidak lagi menjadi bagian dari sivitas akademika kampus tersebut.
Pemberhentian saya sebagai dosen di kampus swasta tertua di Aceh itu bukan tanpa alasan. Saya diberhentikan dengan hormat sebab telah lulus sebagai CPNS di kampus negeri sebagai dosen juga tentunya.
Setelah menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian, saya diarahkan oleh pihak kampus untuk mengambil surat rekomendasi perpindahan homebase di LLDIKTI XIII. Hari itu juga saya menuju ke lembaga yang dulunya dikenal dengan Kopertis 13. Tujuannya, mengurus surat rekomendasi pindah homebase.
Saya berinisiatif untuk mengurus surat rekomendasi segera mengingat lamanya proses pengurusan dan jauhnya PTN tempat saya lulus dengan kampus tempat saya mengajar dulu dan dengan LLDIKTI XIII. PTN tempat saya lulus dengan LLDIKTI XIII di Banda Aceh jar…

Registrasi ke SINTA Ristekdikti Itu Gampang


Sebagian kita mungkin hingga hari ini tidak kunjung membuat akun SINTA karena berbagai alasan. Salah satunya karena “ribet”. Sebenarnya, mendaftar di akun SINTA tak serumit yang kita bayangkan alias gampang sekali. Kita cukup mengisi formulir di http://sinta2.ristekdikti.go.id/author/.



Namun, sebelum itu, kita perlu registrasi dulu di google scholar untuk mendapatkan Google Schoolar URL milik kita. Caranya, cukup klik saja google scholar di bagain pencarian google, registrasi menggunakan pos-el universitas tempat Anda bekerja. Seperti saya yang punya pos-el safriandi_pbsi@abulyatama.ac.id. 

Bagaimana cara mendapatkan pos-el ini? Ya, tentu saja harus dibuat oleh kampus tempat kita bekerja. Kalau belum ada, minta kampus Anda membuatkannya. Biasanya di kampus ada orang-orang yang khusus ditunjuk membuat pos-el ini.

Kalau sudah punya Google Schoolar URL, saatnya registrasi akun SINTA. Caranya gampang. Cukup isi bagian yang kosong pada formulir ini bawah ini.




Status:
Klik tanda panah pada “Please Select”, lalu akan muncul dua pilihan: lecturer dan researcher. Pilih salah satu. Di bagian NIDN, isikan NIDN Anda.

Full Name
Isikan nama Anda. Ingat, nama di ijazah, bukan nama “cantik” alias nama “keren”.

Afiliation
Masukkan kampus tempat Anda bekerja. Nama kampus akan muncul otomatis ketika kita ketik.

Academic Grade (Jabatan Fungsional)
Klik tanda panah, lalu pilih jabatan fungsional Anda.

ID Card Number (KTP Only)
Masukkan nomor KTP Anda.

Email, Password dan Confirm Password
Isikan email yang dibuat oleh kampus Anda. Password dan confirm password, masukkan password yang mudah Anda ingat, ketikkan kembali password yang sama pada kolom confirm password.

Google Scholar URL*
Di bagian ini cukup masukkan URL Google Schoolar Anda dengan mengklik “my profil” pada Google Schoolar Anda. Salin URL “My Profil”, lalu tempelkan di Google Scholar URL* SINTA. Bagian ini harus diisi sebab ada tanda bintang aksiteris sesudah huruf L. Jika tidak, registrasi tidak berhasil.

Scopus Author ID
Bagian ini boleh diabaikan saja.

Terakhir
Klik “Register”.

Jika Anda melakukannya dengan benar, registrasi akan berhasil. Selanjutnya, buka pos-el yang Anda pakai untuk registrasi SINTA tadi. Segera konfirmasi. Jika Anda tidak menemukan di bagian “inbox” atau “kotak masuk”, bukalah di SPAM. Pengalaman saya, link yang dikirimkan SINTA k epos-el kita masuk ke SPAM. Segera klik link itu untuk memverifikasi.

Jangan tunda verifikasi. Jika pos-el SINTA masuk, segera verifikasi. Jika menunda, Anda akan kesulitas kelak ketika memverifikasi. Pengalaman saya, ketika pertama mendaftar SINTA, saya tidak tahu ternyata link verifikasi dari SINTA masuk ke SPAM. Saya hanya menunggu masuknya pos-el dari SINTA ke “inbox”. Ditambah lagi, kawan saya pernah mengatakan, ditunggu saja pos-el dari SINTA, biasanya lamamasuk ke pos-el kita.

Lama menunggu, tapi SINTA tak kunjung mengirimkan pos-el. Karena penasaran, saya cek semua bagian di pos-el, termasuk SPAM. Rupanya link verifikasi masuk ke SPAM seminggu yang lalu ketika saya mendaftar. Saya klik link itu, hasilnya Your account not verified.

Saya menghubungi admin di kampus. Beliau telah memverifikasi, tetapi saya tetap tidak bisa login ke SINTA. Ketika saya coba masuk, hasilnya sama: Your account not verified. Berkali-kali saya mencoba, tetapi hasilnya sama.

Saya kemudian meminta admin menghapus akun SINTA saya dan melakukan registrasi ulang. Namun, kali ini setelah registrasi, saya langsung mengecak SPAM di pos-el saya, dan benar ternyata. Link SINTA masuk ke situ. Akhirnya, link itu saya klik, dan berhasil. Saya bias login ke SINTA. Namun, pekerjaan belum selesai. Anda harus menghubungi admin SINTA di kampus Anda dulu untuk meminta memverifikasi akun Anda. Hasilnya setelah diverifikasi oleh admin adalah seperti ini.



Sekian. Selamat ber-SINTA ria. Salam!
Artikel Terkait

Comments

Popular Posts