Skip to main content

TERBARU

Ingin Pindah Homebase ke PTS/PTN Baru? Begini Caranya!

Senin, 18 Maret 2019, saya menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian sebagai dosen di PTS lama tempat saya mengajar selama lebih kurang enam tahun. Sejak saat itu pula saya resmi tidak lagi menjadi bagian dari sivitas akademika kampus tersebut.
Pemberhentian saya sebagai dosen di kampus swasta tertua di Aceh itu bukan tanpa alasan. Saya diberhentikan dengan hormat sebab telah lulus sebagai CPNS di kampus negeri sebagai dosen juga tentunya.
Setelah menerima surat lolos butuh dan SK pemberhentian, saya diarahkan oleh pihak kampus untuk mengambil surat rekomendasi perpindahan homebase di LLDIKTI XIII. Hari itu juga saya menuju ke lembaga yang dulunya dikenal dengan Kopertis 13. Tujuannya, mengurus surat rekomendasi pindah homebase.
Saya berinisiatif untuk mengurus surat rekomendasi segera mengingat lamanya proses pengurusan dan jauhnya PTN tempat saya lulus dengan kampus tempat saya mengajar dulu dan dengan LLDIKTI XIII. PTN tempat saya lulus dengan LLDIKTI XIII di Banda Aceh jar…

Cara Mudah Mendaftar Google Scholar


Masa internet belum ada seperti sekarang, hasil penelitian orang lain sulit kita temukan. Jalan satu-satunya adalah meminta kepada peneliti langsung. Cara lain, mencari di perpustakaan. Di sana pun kita hanya diizinkan membaca di situ, tidak boleh dipinjam. Kita yang tidak punya banyak waktu membaca di tempat tersebut terpaksa mengembalikan laporan hasil penelitian itu ke raknya, lalu kembali lagi besok. Ribet ya!

Syukur setelah internet hadir, semuanya menjadi mudah. Kita bisa membaca hasil penelitian siapa saja lewat internet asalkan ia mempublikasikannya di dunia maya tersebut.

Kemudahan itu dapat ditemukan jika kita memanfaatkan Google Schoolar. Tidak hanya membaca hasil penelitian orang, penelitian kita sendiri juga dapat kita unggah sehingga dapat dibaca oleh orang lain dan mudah diindeks oleh Google. Lantas, caranya bagaimana?

11. Anda hanya perlu login dengan akun gmail. Bagi Anda yang punya surel afiliasi kampus, saya sarankan gunakan surel itu, apalagi jika ada niat untuk mendaftar di SINTA Dikti.
22. Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/.
33. Klik link “My Citation” atau “Kutipan Saya” (jika di http://scholar.google.co.id) di kanan atas atau kanan bawah.
44. Ikutilah tiga langkah di halaman tersebut.
  5. Edit data bila perlu (foto, affiliation ), lantas klik Make Public supaya dapat dilihat oleh orang lain.
Artikel Terkait

Comments

Popular Posts