Skip to main content

TERBARU

Anda Penderita Mag? Ayo Ngopi!

Ngopi itu menyenangkan bagi sebagian orang. Sehari saja tanpa ngopi rutinitas apa pun dan sepadat apa pun terasa belum lengkap. Kopi terasa makin lezat manakala ditemani sahabat-sahabat terdekat. Apalagi ngopi sambil ditemani kue basah, semakin bertubi-tubilah kenikmatan itu.

Namun, kenikmatan seperti itu tidak dapat dinikmati oleh penderita mag sebab ngopi membuat magnya kambuh akibat komponen kafein pada kopi. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa kafein pada kopi memiliki potensi untuk meningkatkan produksi asam lambung.

Namun, jangan cepat berkecil hati. Mari ngopi, nikmatilah kelezatannya. Namun, sebelum itu, sebaiknya baca dulu beberapa catatan berikut ini yang saya kutip dari klikdokter.com.


1. Batasi Jumlahnya
Penderita mag masih bisa menikmati kopi, tetapi batasi jumlahnya. Kalau biasanya sehari sampai 3 gelas, kurangi. Lantas, apa yang dimaksud dengan kurangi? Dikutip dari klikdokter.com, para pakar dari Michigan State University menganjurkan untuk mengurangi jumlah asupan kopi …

Cara Mudah Mendaftar Google Scholar


Masa internet belum ada seperti sekarang, hasil penelitian orang lain sulit kita temukan. Jalan satu-satunya adalah meminta kepada peneliti langsung. Cara lain, mencari di perpustakaan. Di sana pun kita hanya diizinkan membaca di situ, tidak boleh dipinjam. Kita yang tidak punya banyak waktu membaca di tempat tersebut terpaksa mengembalikan laporan hasil penelitian itu ke raknya, lalu kembali lagi besok. Ribet ya!

Syukur setelah internet hadir, semuanya menjadi mudah. Kita bisa membaca hasil penelitian siapa saja lewat internet asalkan ia mempublikasikannya di dunia maya tersebut.

Kemudahan itu dapat ditemukan jika kita memanfaatkan Google Schoolar. Tidak hanya membaca hasil penelitian orang, penelitian kita sendiri juga dapat kita unggah sehingga dapat dibaca oleh orang lain dan mudah diindeks oleh Google. Lantas, caranya bagaimana?

11. Anda hanya perlu login dengan akun gmail. Bagi Anda yang punya surel afiliasi kampus, saya sarankan gunakan surel itu, apalagi jika ada niat untuk mendaftar di SINTA Dikti.
22. Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/.
33. Klik link “My Citation” atau “Kutipan Saya” (jika di http://scholar.google.co.id) di kanan atas atau kanan bawah.
44. Ikutilah tiga langkah di halaman tersebut.
  5. Edit data bila perlu (foto, affiliation ), lantas klik Make Public supaya dapat dilihat oleh orang lain.
Artikel Terkait

Comments

Popular Posts